Minggu, 04 Agustus 2013

Tradisi Lebaran Masyarakat Indonesia


Ada beberapa kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia. Tradisi lebaran ini sudah terjadi secara turun-temurun sebagai warisan budaya bangsa yang masih belum terkikis oleh modernisasi jaman. Berikut ini kegiatan yang sudah menjadi tradisi lebaran bagi masyarakat Indonesia

Tradisi Lebaran: Mudik


Banyaknya para perantau, baik dari luar kota maupun luar pulau untuk mencari nafkah jauh dari kampung halaman, membuat tradisi mudik tidak pernah terlewatkan di setiap lebaran dari tahun ke tahun. Apalagi libur lebaran umumnya lebih panjang daripada libur di hari lain, sehingga orang-orang memiliki banyak waktu untuk pulang kampung ataupun berkunjung ke sanak saudara yang berada jauh khususnya orangtua. Mudik merupakan tradisi terbesar di hari lebaran bagi masyarakat Indonesia. Para pemudik bisa mencapai puluhan juta per tahun.

Tradisi Lebaran: Halal Bi Halal


Halal bi halal adalah istilah untuk saling mengunjungi teman, tetangga, dan sanak saudara untuk saling ber maaf-maaf an. Tradisi ini bahkan juga mengikuti perkembangan jaman dengan melakukan halal bi halal melalui media online dan gadget modern. Saling bermaafan melalui handphone, media sosial, dan semacamnya.

Tradisi Lebaran: Takbir Keliling


Malam lebaran selalu ditandai dengan kumandang takbir untuk merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Dan sebagai tradisi bagi masyarakat Indonesia diadakan takbir keliling baik dengan menggunakan kendaraan maupun sekedar berjalan kaki dengan mengumandangkan takbir keliling kampung. Kebersamaan masyarakat Indonesia sangat terlihat di hari lebaran tiba seperti ini.

Tradisi Lebaran: Menabuh Bedug


Dengan bersamaan kumandang takbir, umumnya orang-orang juga akan menabuh bedug sebagai ungkapan kebahagiaan mereka. Tabuhan bedug ini dilakukan seirama sehingga membuat suasana malam lebaram semakin marak dan mengharukan.

Tradisi Lebaran: Ketupat


Sepulang shalat Idul Fitri di rumah biasanya sudah tersaji ketupat lebaran sebagai menu sarapan. Ketupat lebaran ini biasanya dimakan dengan opor ayam, rendang daging, semur dan kerupuk udang. Bahagia rasanya berkumpul bersama keluarga dan makan ketupat lebaran bersama.

Tradisi Lebaran dengan saling mengirim makanan

Saling mengirim makanan ke tetangga sebelah maupun sanak saudara yang agak jauh sjuga merupakan tradisi turun temurun dari nenek moyang. Selain untuk tetap menjaga tali persaudaraan antar warga juga menjadi ajang saling memberi kepada yang kurang mampu dan berbagi kebahagiaan di hari lebaran.

THR


THR atau uang saku ini sudah menjadi tradisi untuk dibagikan kepada anak-anak kecil. Hal ini juga yang paling ditunggu-tunggu. Selain itu perusahaan-perusahaan juga akan mengeluarkan THR untuk para karyawannya. hal ini juga telah menjadi ketetapan pemerintah.

Tradisi Lebaran dengan baju baru


Sebagai simbol bahwa lebaran adalah hari yang fitri dan terlahir seperti baru kembali.

Ziarah Makam

Setelah lepas sholat Idul Fitri biasanya warga akan berbondong-bondong berziarah ke makam leluhur dan orangtua untuk mendoakan arwah mereka.

Rekreasi

Menghabiskan waktu libur lebaran biasanyasaling mengunjungi rumah saudara dan sekaligus berpergian ke tempat wisata. Tradisi ini membuat tempat-tempat wisata penuh dikunjungi orang-orang yang ingin menghabiskan waktu lebaran bersama keluarga.

Petasan


Meski jauh-jauh hari sudah ada himbauan dan razia , petasan tetap muncul disana sini . Tradisi ini susah diberantas karena sudah mengakar budaya. Sehingga tiap jelang lebaran tiba, pasti banyak orang berjualan kembang api dan petasan.

#enjoyyy

0 komentar:

Posting Komentar

widget pengunjung